27.12.12

macam mineral makro

02.02 Posted by Unknown No comments
Kalsium
Sangat penting dalam pembentukan, pertumbuhan dan untuk mempertahankan tulang serta gigi. Kalsium juga berperan mendukung pertumbuhan tubuh, proses pembekuan darah, menjadi katalisator dalam proses-proses biologis dan kontraksi otot.

Macam-macam Mineral Makro
*sumber-sumber kalsium

Kalsium bersama fosfor merupakan mineral yang sangat banyak di dalam tubuh manusia. Kebutuhan kalsium per hari bagi bayi mencapai 300 ug, anak pra-sekolah 500 ug, remaja 600 ug, dan dewasa 500 ug. Kalsium terkandung dalam susu dan hasil-hasil olahannya, kacang-kacangan, tahu, tempe, ikan dan udang kecil yang dimakan bersama tulang/kulitnya, serta sayuran hijau.

Penyerapan kalsium di dalam tubuh dipengaruhi banyak faktor. Faktor-faktor yang meningkatkan penyerapan vitamin D, keasaman darimakanan atau lambung, laktosa, dan perbandingan antara kalsium dan fosfor. Perbandingan terbaik antara kalsium dan fosfor adalah 1:1 dengan 1:2.

Faktor penghambat penyerapan adalah asam oksalat dan asam phytat. Kedua macam asam ini banyak terdapat pada sayur-sayuran. Karena itu, susu sebaiknya diminum sendiri. Tidak bersamaan dengan makanan lengkap.

Fosfor
Juga sangat penting dalam proses pembentukan tulang dan gigi serta metabolisme di dalam tubuh. Fosfor banyak terdapat pada daging, unggas, ikan, susu, keju, biji-bijian serta kacang-kacangan.

Magnesium
Sangat berperan sebagai katalisator pada reaksi-reaksi biologis di dalam tubuh. Banyak terdapat pada susu, kacang-kacangan dan sayuran hijau.

Natrium dan Kalium
Kedua mineral ini merupakan elektrolit utama di dalam tubuh. Natrium merupakan elektrolit utama di luar sel, sedangkan kalium di dalam sel. Natrium banyak terdapat dalam garam dapur, sementara kalium pada sayur-sauran.

0 komentar:

Posting Komentar