2.1.14

Kurikulum S1 Teknologi Pangan UGM

05.50 Posted by Unknown 1 comment
Silabus matakuliah merupakan deskripsi singkat yang menjelaskan tentang isi matakuliah berupa pokok-pokok bahasan yang akan dijumpai peserta untuk dibaca, dipelajari, diamati, diteliti, dan didiskusikan bersama dosen dan mahasiswa sehingga melahirkan pemahaman yang mendalam dan komprehensif kemudian bermuara pada kompetensi mahasiswa terhadap matakuliah yang diajarkan. Silabus Matakuliah di Program Studi Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian  (PS-TPHP) adalah sbb :

1. Pendidikan Agama (UNU1000-1005) (2/0; W)

Secara umum mempelajari syariat agama yang dipeluk oleh mahasiswa, mempelajari hakekat manusia sebagai makhluk individual maupun sosial yang beragama dalam rangka untuk mewujudkan lulusan yang sholeh secara individual maupun social. Adapun tujuan perkuliahan secara khusus sebagai berikut :

a. Pendidikan Agama Islam

 Aspek yang berhubungan dengan keadaan makhluk, pelaksanaan ajaran Islam, peningkatan keimanan terhadap khaliq, kerasulan dan melaksanakan syariat Islam. Pemahaman nilai-nilai agama kontekstual di bidang akademik

b. Pendidikan Agama Kristen Protestan

Keberadaan diri umat beriman, Iman dalam kehidupan sehari-hari, dalam hubungan dengan Allah, sesama manusia, alam semesta dan bangsa negara. Pemahaman nilai-nilai agama secara kontekstual di bidang akademik

c. Pendidikan Agama Katholik

 Pengetahuan tentang manusia yang beriman kepada Allah melalui Kristus di dalam gereja, hidup menggereja dan memasyarakat dalam rangka pengembangan sikap dan mentalitas hidup pribadi seseorang. Pemahaman nilai-nilai agama secara kontekstual di bidang akademik

d. Pendidikan Agama Hindu

 Keagaman yang mantap kepada Sang Hyang Widhi Wasa/ Tuhan yang Mahaesa, sehingga mampu mengendalikan diri dalam berpikir, berbicara, berbuat dalam pengabdian pada nusa, bangsa dan negara. Pemahaman nilai-nilai agama secara kontekstual di bidang akademik

e. Pendidikan Agama Budha

 Tentang Agama Budha dan pengalamannya dalam masyarakat beragama, dharma dan kebaktian untuk Iman (sadha) dalam menjaga kelangsungan hidup Agama, Bangsa dan Negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pemahaman nilai-nilai agama secara kontekstual di bidang akademik

2. Pendidikan Kewarganegaraan (UNU3000) (2/0; W)

Keamanan Nasional (Hankamnas) secara komprehensif integral yang mencakup Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Politik dan Strategi Hankamnas serta Sistem Hankam Rakyat Semesta. Perwujudan keamanan nasional dalam pengembangan ilmu.

3. Kimia Dasar I  (anorganik) (MKS1001) (2/0; W)

Bahan, senyawa, unsur dan cara-cara pengukurannya. Teori atom dan proses penemuannya. Perhitungan kimia. Hukum gas. Elektron dalam atom. Dasar ikatan kimia. Konsep asam dan basa.  Reaksi termokimia dan termodinamika. Kinetika reaksi. Kimia inti dan reaksi oksidasi-reduksi.

4. Prakt. Kimia Dasar I (MKS1151) (0/1; W)

 Acara Praktikum sesuai dengan kuliahnya.

5. Kimia Dasar II (Organik) (MKS1102) (2/0; W)

 Reaksi dan reaktifitas senyawa organik, pengenalan kimia hayati dan aspek kimia lingkungan.

6. Fisika Dasar (MFS1101) (2/0, W)

 Konsep dasar fisika, sistem satuan, kinematika, dinamika, hukum Newton, hukum-hukum kekekalan, getaran. Mekanika zat alir. Bahang (kalor/heat), termodinamika, persamaan keadaan, sifat-sifat gas, perpindahan kalor (bahang) dan massa.

7. Prakt. Fisika Dasar (MFS1151) (0/1, W)

 Acara Praktikum sesuai dengan kuliahnya

8. Matematika I (MMS1101) (2/0; W)

Sistem himpunan dan bilangan, pengantar hitung peluang. Fungsi dan limit. Fungsi dan grafiknya. Fungsi dan perubah. Vektor dan matrik, gugus persamaan linier.

9. Pengantar Teknologi Pertanian (TPO1001) (2/0; W)

Konsep dasar teknologi pertanian. Konsep industri pertanian, peranan teknologi pertanian dalam industri pertanian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta Pembangunan Nasional. Profesi dan profesionalisme Teknologi Pertanian. Pemahaman cakupan formal dan material Teknik Pertanian.

10. Bahasa Inggris (TPO1002) (2/0, W)

 Bahasa Inggris bagi mahasiswa diarahkan pada kemampuan membaca cepat dan memahami bacaan, kemampuan mendengarkan dan memahami, kemampuan menulis rangkuman secara ringkas, dan kemampuan berbicara secara jelas. Pengenalan dengan kosa kata atau istilah-istilah yang lazim dijumpai dalam bidang ilmu dan teknologi pangan.

11. Praktikum Biologi Sel (TPP1301) (0/1, W)

 Memperkenalkan bagian-bagian mikroskop dan fungsinya serta cara pemakaiannya. Mempelajari jaringan sel tanaman , sel hewan, dan mikroorganisme dengan preparat.  Isolasi komponen sel   meliputi karbohidrat, protein dan lemak. Mempelajari dan memahami perubahan struktur sel selama proses fermentasi

12. Biologi Sel (TPP1311) (2/0, W)

 Menjelaskan tentang pemahaman kehidupan secara utuh dan gejala kehidupan tingkat seluler. Meliputi ciri-ciri kehidupan komponen seluler (makromolekul dan mikromolekul)  dan fungsinya.

13. Pendidikan Pancasila  (UNU1100) (2/0; W)

Hakekat dan filsafat Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD)1945 dan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN).  Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) serta pembahasan masalah kemasyarakatan berdasarkan pendekatan dan penerapan nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai Pancasila secara kontekstual di bidang akademik

14. Statistika (MMS2401) (3/0; W)

Ruang lingkup dan kegunaan statistika. Daftar frekuensi, histogram. Pemodelan keragaman,dan  Pendugaan parameter dan uji hipotesis. Analisa regresi dan korelasi sederhana.

15. Praktikum Biokimia (TPP1102) (0/2, W)

 Ketrampilan melakukan penentuan pengaruh pH dan suhu terhadap aktivitas enzim, penentuan nilai Km dan Vmax enzim, proses fermentasi dan respirasi hasil pertanian

16. Biokimia (TPP1112) (4/0,W)

 Aspek biokimiawi yang membahas tentang daur proses yang dialami jasad hidup. Macam-macam struktur dari biomolekul (protein, karbohidrat, lipida dan asam nukleat); serta interaksinya dalam  air, asam-basa. Konsep tentang metabolisme dan bio-energitik yang menerangkan cara organisme mendapatkan energi (glikolisis, siklus Krebs, transfer elektron, fotosintesis, jalur pentosa fosfat, siklus urea, oksidasi biologis asam lemak) dan sintesis makromolekul.  Konsep tentang unsur genetik, seperti DNA dan RNA, bisa terjadi, diturunkan, diatur sehingga bisa dipelihara dalam kurun waktu yang sangat lama dan dimanipulasi untuk kesejahteraan manusia.

17. Kimia Fisika (TPP1514) (2/0, W)

18. Matematika Terapan (TPP1212) (2/0,W)

19. Praktikum Sifat Fisik Pangan dan Hasil Pertanian (TPP1204) (0/1,W)

 Melatih ketrampilan dalam pengukuran sifat fisik bahan dengan menggunakan peralatan pengujian.

20. Sifat Fisik Pangan dan Hasil Pertanian (TPP1214) (2/0, W)

 Pemahaman sifat-sifat fisik pangan dan hasil pertanian sebagai bahan dasar, dan perubahannya selama pengolahan hingga menjadi produk akhir. Sifat yang dipelajari meliputi: bentuk dan ukuran, warna, tekstur dan viskositas, aktivitas air, emulsi, sifat thermal, sifat powder, dan sifat kristalin.

21. Satuan Operasi I (Azas Teknik Pengolahan )

 Merupakan mata kuliah dasar keteknikan untuk pengolahan pangan dan hasil pertanian yang meliputi : demensi dan satuan, hukum kekekalan masa dan enersi, sifat termodinamika bahan dn fluida,  aliran fluida, transfer panas serta transfer masa.

22. Sistem Industri Pertanian (TPP2011) ((2/0, W)

Mencakup komponen-komponen penyusun sistem industri pertanian dan pola interaksinya. Keterkaitan antara pasar, rantai produksi dan penyediaan dari hulu hingga hilir. Peran dan tanggungjawab pihak pemerintah, swasta, dan konsumen dalam pengelolaan dan peningkatan mutu hasil pertanian.

23. Dasar Ekonomi dan Manajemen (TPP2013) (2/0, W)

 Prinsip-prinsip dasar ilmu ekonomi dan manajemen

24. Toksikologi dan Keamanan Pangan (TPP2015) (2/0, W)

Pemahaman senyawa racun (1) yang terdapat dalam bahan  pangan secara alami (tanaman dan hewan), (2) yang dihasilkan oleh mikrobia dan (3) yang berasal dari luar. Mempelajari terbentuknya senyawa racun pada bahan pangan sampai mekanisme terjadinya keracunan dalam tubuh. Tinjauan sifat racun bahan berkaitan dengan faktor-faktor penentu keamanan pangan. Managemen resiko yang berkaitan dengan komponen bahan pangan, kriteria ”aman” yang berkaitan dengan racun bahan. Mengetahui hal-hal yang terkait dengan analisa dan pengendalian bahaya (HACCP) serta regulasi dan standard untuk keamanan pangan (Food Safety Standard) baik Nasional maupun Internasional.

25. Praktikum Kimia Pangan dan Hasil Pertanian (TPP2101) (0/1, W)

 Ketrampilan melakukan evaluasi perubahan kimiawi selama penanganan pasca panen dan  proses pengolahan terhadap  komponen karbohidrat, lipida, protein dan pigmen/ zat warna.

26. Kimia Pangan dan Hasil Pertanian (TPP2111) (2/0, W)

Membahas sifat-sifat komponen dalam bahan hasil pertanian selama pasca panen, pengolahan sampai pemasaran. Isi pokok mata kuliah ini mencakup 4 pemahaman yaitu (a) pemahaman tentang komponen penyusun bahan hasil pertanian, (b) pemahaman terhadap reaksi-interaksi senyawa penyusun bahan hasil pertanian; (c) pemahaman terhadap hubungan sebab akibat yang ditimbulkan dari reaksi-reaksi senyawa penyusun bahan hasil pertanian selama pascapanen, pengolahan dan penyimpanan terhadap mutu dan keamanannya; (d). mampu menganalisis faktor-faktor internal maupun eksternal bahan hasil pertanian selama pengolahan dan penyimpanan.

27. Satuan Operasi II (TPP2211) (3/0, W)

 Membahas penerapan dasar-dasar proses yang meliputi: penyiapan bahan baku, pengecilan dan perbesaran ukuran, pencampuran dan homogenisasi, pemisahan mekanis (sedimentasi, sentrifugasi, pengayakan, dan filtrasi), pemisaan fisis (distilasi, dan ekstraksi).

28. Satuan Operasi III (TPP2213) ((3/0, W)

 Pemahaman dasar evaporasi, kristalisasi, pengeringan dan pendinginan.

29. Dasar Pemrograman (TPP2215) (1/2, W)

 Pemrograman dengan bahasa Matlab dan Simulink.

30. Alat dan Mesin Pengolahan (TPP2217) (2/0, W)

 Pembahasan tentang macam,  dan prinsip kerja peralatan dan mesin pengolahan untuk pangan dan hasil pertanian yang   meliputi:  pembangkit tenaga, internal combustion engines, steam boiler, daya, power  transmission, burner, furnace, motor listrik, material handling equipment, alat pengecil ukuran, siever, mixer, sentrifuge, heat exchanger, dryer, pompa air, dan fan.

31. Praktikum Mikrobiologi Umum (TPP2301) (0/1, W)

 Pengenalan peralatan laboratorium, cara-cara sterilisasi, metoda aseptis, media dan cara pembuatannya, teknik enumerasi dan isolasi, morfologi dan pengecatan bakteri, morfologi yeast, morfologi mold dan fisiologi mikrobia.

32. Mikrobiologi Umum (TPP2311) (2/0, W)

Mempelajari sifat dan aktivitas mikroorganisme beserta segala aspeknya, meliputi : taksonomi, struktur sel, pertumbuhan, metabolisme, ekologi, aspek mikrobia di bidang pangan dan industri, dan pengenalan genetika mikrobia.

33. Ilmu Gizi (TPP2411) (3/0, W)

 Mempelajari hubungan antara zat gizi dengan kesehatan, yang meliputi fungsi asupan pangan dalam mencukupi kebutuhan zat gizi guna pertumbuhan, pemeliharaan dan menjaga kesehatan yang optimal. Materi yang dipelajari meliputi: sistem pencernaan, fisiologi zat gizi (karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air); energi, angka kecukupan gizi (AKG), dan malnutrisi.

34. Ekonomi Teknik (TPP2012) (2/0, P)

Pemahaman dan aplikasi konsep ekonomi dalam industri pertanian. Nilai tukar uang, tingkat bunga modal, kriteria kelayakan finansial dalam mengambil keputusan investasi (IRR, NPV, B/C ratio, PBP dan BEP) dan penggunaannya dalam menyelesaikan masalah-masalah ekonomi dan atau yang berkaitan dengan perbankan untuk mengembangkan industri.

35. Teknologi Susu (TPP2014) (2/0, P)

 Pemahaman konsep penerapan teknologi pada pengolahan susu. Komposisi kimia serta sifat masing-masing komponen. Pengolahan susu menjadi beberapa produk seperti susu kental, susu bubuk, mentega, keju, susu fermentasi-yogurt dan kefir dan lain-lainnya.

36. Teknologi Buah dan Sayur (TPP2016) (2/0, P)

 Mempelajari prinsip dan metode pengolahan buah dan sayuran menjadi buah kering, fruit candy, keripik buah/sayur, jam-jelly, acar asin (pickle), juice, manisan basah & kering, dan buah/sayuran yang dikalengkan

37. Teknologi Teh, Kakao dan Kopi (TPP2018) (3/0, W)

 Mempelajari spesifikasi bahan baku dan produk,  proses,  pengendalian  proses dan mutu dalam pengolahan teh, kopi, dan kakao.

38. Praktikum Analisa Pangan dan Hasil Pertanian I (TPP2102) (0/1, W)

 Ketrampilan merencanakan dan melaksanakan analisis kimia bahan pangan dan hasil pertanian  dan interpretasi data

39. Analisa Pangan dan Hasil Pertanian I (TPP2112) (3/0, W)

 Pemahaman tentang konsep dasar dan tatacara melakukan analisis kimia bahan pangan dan hasil pertanian. Pengenalan pemakaian dan penanganan peralatan dan bahan kimia, secara tepat dan aman, metode penyiapan sample untuk keperluan analisis kimiawi, metode penentuan kadar air, protein, lemak/minyak, karbohidrat, abu, mineral, vitamin, tannin dan bahan tambahan pangan.

40. Fisiologi dan Teknologi Pasca Panen (TPP2114) (2/0, P)

 Membahas tentang sifat fisiologis hasil hortikultura meliputi sayuran, buah, umbi dan bunga potong terkait dengan kondisi lingkungannya setelah dipanen.  Pembahasan ini meliputi aspek morfoanatomi, fisiologi, fisik dan patologi, serta cara atau teknologi untuk mempertahankan mutu, mengurangi susut, meningkatkan daya simpan yang diperlukan dalam pemasaran (packing house), pengemasan, transportasi, pendinginan, penyimpanan dalam atmosfer terkendali dan hipobarik

41. Praktikum Satuan Operasi (TPP2202) (0/2, W)

 Melatih ketrampilan pada penerapan teori perpindahan panas dan massa dalam proses pengolahan.

42. Praktikum Mikrobiologi Pangan dan Pengolahan (TPP2302) (0/1, W)

 Melatih penggunaan metoda dan teknik uji mikrobiologi pangan, pengendalian mikrobiologis pada bahan pangan melalui penambahan bahan pengawet dan pendinginan,  serta penyimpanan mikrobia untuk industri.

43. Mikrobiologi Pangan dan Pengolahan (TPP2312) (3/0, W)

 Menjelaskan dan memberikan pemahaman tentang konsep interaksi mikrobia dengan pangan, pengendalian pertumbuhan mikrobia dalam pangan, deteksi dan enumerasi mikrobia, kerusakan pangan akibat mikrobia, serta food borne disease.

44. Bioteknologi Pangan (TPP2314) (2/0, P)

 Mempelajari proses pemanfaatan organisme (enzim) untuk menghasilkan suatu produk (baik secara konvensional maupun modern); memahami teknik rekombinasi DNA (rekayasa genetika) untuk menghasilkan strain baru yang bermanfaat bagi kepentingan manusia; memahami aplikasi dari teknologi rekombinasi DNA serta melakukan analisis tentang keberadaan produk-produk tersebut.

45. Praktikum Uji Sensoris (TPP2404) (0/1, W)

 Praktikum ini melatih cara penilaian dan pengorganisasian penyelenggarakan pengujian sifat sensoris bahan/produk pangan secara inderawi  dan dasar dasar statistik yang digunakan dalam perhitungan data uji sensoris untuk pengambilan kesimpulan. Tipe pengujian yang dilaksanakan meliputi seleksi panelis, penentuan threshold, uji pembedaan, penyusunan profil tekstur dan profil sensoris.

46. Uji Sensoris (TPP2414) (2/0, W)

Kuliah ini membahas tentang sifat sensoris bahan/produk pangan dan hasil pertanian, alat indera, dan dasar teori penilaian sifat secara inderawi dalam kaitannya dengan penilaian mutu dan penerimaannya oleh konsumen. Pengaruh faktor fisiologis dan psikologis terhadap penilaian, sarana yang diperlukan dalam pengujian, tipe pengujian dan penggunaannya, serta dasar-dasar statistik yang digunakan dalam perhitungan data uji sensoris.

47. Industri Jasa Boga (TPP2416) (2/0, W)

 Pengelolaan usaha jasa boga yang meliputi macam usaha jasa boga, pengetahuan bahan pangan (nabati dan hewani), preparasi bahan, teknik pemasakan/pengolahan, penentuan harga jual produk, dan pengetahuan pasar.

48. Bahasa Indonesia (UNU161) (2/0; W)

Kemampuan penggunaan Bahasa Indonesia, baik secara verbal (seni berkomunikasi, interview, presentasi), maupun secara tertulis. Penguasaan tata bahasa dan kosa kata secara benar dalam penulisan karya ilmiah.

49. Praktikum Pengembangan Produk Pangan (TPP3005) (0/2, P)

Merencanakan dan merealisasikan konsep produk yang telah ditetapkan. Mengorganisasi kegiatan, penyediaan logistik dan peralatan yang dibutuhkan. Mengelola kerja kelompok dan penjadwalan kerja. Mempresentasikan hasil pengembangan produk secara tertulis dan verbal.

50. Teknologi Daging dan Ikan (TPP3011) (2/0, P)

 Mempelajari tentang perubahan biokimiawi dari karkas dan otot rangka setelah post mortem. Pengendalian cemaran mikrobia pembusuk dan pathogen pada rantai produksi daging dan ikan segar dan olahan. Penerapan prinsip-prinsip pengawetan dan teknologi pengolahan yang memberikan nilai tambah. Topik-topik  terkini yang relevan dengan  industri dan perdagangan produk daging dan ikan.

51. Teknologi Minyak dan Lemak (TPP3013) (2/0, P)

Sumber minyak nabati dan hewani, sifat dan cara penanganannya untuk mendapatkan minyak yang berkualitas tinggi. Sifat minyak, pengkelasan minyak dalam kaitannya dengan penggunaan di industri. Pemisahan (ekstraksi) minyak dari bahan sumber minyak, pemurnian minyak secara fisikawi dan kimiawi dan penanganan limbahnya. Modifkasi minyak secara fraksinasi, polimerisasi, hidrogenasi dan interesterifikasi. Proses pengolahan hilir minyak : margarin, detergen, biosurfaktan dan metil ester sebagai bahan baku industri oleokhemikal. Minyak dalam produk non pangan :cat, vernis, biodiesel, pelumas

52. Pengembangan Produk Pangan (TPP3015) (1/0, P)

 Mempelajari  konsep- konsep dalam penembangan produk pangan dan hassil pertanian: seleksi ide, dan merealisasikan dalam produk yang dapat diterima oleh konsumen meliputi aspek–aspek teknologi,   keteknikan, sensoris, maanagemen dan pasar.

53. Teknologi Karet dan Tembakau (TPP3017) (2/0, P)

Pemahaman dan penguasaan spesifikasi bahan, spesifikasi produk, teknologi proses pengolahan, material balance dan enersi, diagram alir kuantitatif, kondisi proses yang dipersyaratkan, serta pengendalian proses pengolahan tembakau dan karet.

54. Pengendalian Mutu (TPP3019) (2/0,W)

Mata kuliah ini memberikan pemahaman konsep mutu dan aplikasi konsep pengendalian mutu. Faktor-faktor penentu mutu dan prinsip pengukurannya secara obyektif dengan alat dan subyektif dengan uji sensoris. Perumusan standard mutu, penerapan dan pengembangannya. Keterkaitan antara pengendalian mutu, penjaminan mutu, dan manajemen mutu.

55. Teknologi Legum, Serealia, dan Umbi (TPP3021) (2/0, P)

 Pemahaman konsep, metoda dan teknik penanganan legum dan serealia. Sifat alami legum dan serealia yang berkaitan dengan pengolahan, penanganan pasca panen dan teknologi menjadi komoditi pasar. Proses pengolahan legum dan serealia menjadi tepung, minyak, roti, konsentrat protein, alkohol dan lain-lain.

56. Metodologi Penelitian dan Perancangan Percobaan (TPP3023) (2/0, W)

Mempelajari prinsip-prinsip dan langkah-langkah cara berpikir yang logis dan sistematis untuk pemecahan suatu masalah melalui proses penelitian. Tahapan dalam berpikir nalar meliputi identifikasi masalah, perumusan masalah, telaah pustaka, perumusan hipotesis, penyusunan metode penelitian, rancangan percobaan, pengumpulan data, analisis data dan penyusunan kesimpulan.

57. Praktikum Analisa Pangan dan Hasil Pertanian II (TPP3101) (0/1, P)

 Ketrampilan dalam melakukan metoda analisis kimiawi bahan pangan dan hasil pertanian menggunakan instrument meliputi kromatografi, elektroforesis, dan spektrofotometri, mulai  penyiapan sampel sampai interpretasi data

58. Analisa Pangan dan Hasil Pertanian II (TPP3111) (2/0, P)

 Prinsip-prinsip dasar metoda analisis kimiawi bahan pangan dan hasil pertanian menggunakan instrument kromatografi, elektroforesis, dan spektrofotometri, termasuk  cara-cara yang digunakan dalam penyiapan sampel.

59. Praktikum Teknologi Pengemasan (TPP3210) (2/0, W)

 Melatih ketrampilan dalam penerapan aspek pengemasan produk pangan dan hasil pertanian.  Penentuan sifat fisik bahan kemasan, umur simpan, studi lapang ke industri kecil dan menengah pangan.

60. Teknologi Pengemasan (TPP3211) (2/0, W)

 Pengenalan peran dan fungsi pengemas, jenis dan sifat bahan pengemas, metoda pengemasan, dan labeling  Penerapan teknik pengemasan untuk menghasilkan produk yang awet dan memenuhi kaidah estetika.

61. Perancangan Pabrik I (TPP3213) (4/0, W)

 Pengertian dan arah perancangan pabrik pengolahan pangan, faktor-faktor perancangan, pemahaman bahan mentah dan produk dalam kaitannya dengan penjabaran operasi dasar dan perancangan proses, pengertian kapasitas, pemilihan peralatan, lay out, bangunan, hygienic design, pemilihan lokasi, dan analisis ekonomi.

62. Praktikum Teknologi Fermentasi (TPP3301) (0/1, P)

Mempraktekan teknik pengukuran parameter kinetika pertumbuhan mikrobia dan fermentasi (laju pertumbuhan spesifik, laju pertumbuhan spesifik maksimum, konstanta saturasi, yield biomassa, yield produk). Mempelajari penggunaan parameter kinetika dalam mendisain proses fermentasi.

63. Teknologi Fermentasi (TPP3311) (2/0, P)

 Mempelajari konsep, metoda dan teknik fermentasi skala industri beserta segala aspeknya, meliputi lingkup proses fermentasi, kinetika fermentasi,   persiapan substrat dan starter, sterilisasi, fungsi dan persyaratan fermentor, pengendalian proses fermentasi, aerasi dan agitasi, scale-up, serta pemisahan dan pemurnian produk fermentasi.

64. Teknologi Enzim (TPP3313) (2/0,P)

Mempelajari karakteristik enzim sebagai biokatalisator, pengenalan kinetika enzim, ekstraksi, pemurnian, amobilisasi enzim dan penerapannya, karakteristik reaktor bioproses (enzim), dan karakteristik enzim-enzim yang berperan pada industri pengolahan pangan dan hasil pertanian.

65. Praktikum Evaluasi Gizi dalam Pengolahan Pangan (TPP3401) (0/1, W)

Melatih mahasiswa melakukan evaluasi zat gizi, baik kuantitas maupun kualitasnya, pada bahan pangan dan hasil pertanian selama pasca panen, pengolahan, dan penyimpanan secara in vitro, in situ, dan in vivo.

66. Evaluasi Gizi dalam Pengolahan Pangan (TPP3411) (2/0, W)

 Mempelajari tentang perubahan zat gizi dan efeknya terhadap kesehatan selama penanganan pasca panen, proses pengolahan dan penyimpanan pangan, dengan evaluasi secara kimiawi dan bio-assay.

67. Formulasi dan Fortifikasi Gizi (TPP3413) (2/0, P)

 Mempelajari berbagai aspek dalam formulasi dan fortifikasi makanan meliputi: konsep dasar formulasi gizi; makanan formula bayi dan anak tumbuh kembang; makanan formula ibu hamil dan menyusui, makanan formula lansia, ingredient dalam makanan formula; konsep dasar fortifikasi; faktor penyebab dan upaya penanggulangan defisiensi gizi; faktor yang perlu diperhatikan dalam fortifikasi; keamanan fortifikasi makanan; teknologi fortifikasi; dan bioavailabilitas makanan yang difortifikasi.

68. Kerja Praktek (TPO3099) (0/2, W) (Dosen TPHP)

 Melatih kemampuan mahasiswa untuk belajar secara langsung di unit produksi atau pengolahan pangan dan hasil pertanian.  Mahasiswa menyaksikan secara langsung aplikasi teknologi pengolahan dalam unit usaha komersial,  berinteraksi dengan berbagai pihak di lokasi kerja praktek, secara kritis melakukan observasi terhadap keseluruhan operasional unit pengolahan, mengenali permasalahan teknis yang muncul, dan menyusun laporan pelaksanaan secara sistematis dan teliti.

69. Praktikum Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian (TPP3002) (0/2, W)

 Melatih ketrampilan dalam mengaplikasikan semua aspek teknologi pengolahan secara komprehensif dalam satu kesatuan kegiatan pengolahan.

70. Teknologi Perisa (Flavoring) (TPP3012) (2/0, P)

 Pengertian, klasifikasi, dan pengaturan penggunaan perisa, serta teknologi produksi dan penyimpanan perisa dalam produk pangan.

71. Teknologi Gula (TPP3014) (2/0, P)

 Pemahaman proses dan keteknikan dalam proses pengolahan tebu menjadi gula, sebagai aplikasi dari pengetahuan dasar satuan operasi meliputi ekstraksi, pemurnian, pemekatan, kristalisasi dan pengeringan sebagai kesatuan kegiatan pengolahan.

72. Manajemen Mutu (TPP3016) (2/0, P)

 Peran dan tanggungjawab tanggung jawab manajemen dalam mengelola sumber daya, merancang dan merencanakan kegiatan, mengukur dan menganalisis indikator kinerja, serta meningkatan mutu yang berkelanjutan untuk kepuasan segenap stakeholders. Keterkaitan antara standard sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 dengan standard sistem manajemen keamanan pangan (ISO 22000:2005), standard sistem manejemen lingkungan (ISO 14001:2004), dan sistem manajemen pangan halal juga dibahas dalam perkuliahan ini.

73. Topik Terpilih I (Teknologi Bakery) (TPP3018) (2/0, P)

Teknologi Bakery membahas karakteristik bahan  untuk produk bakery meliputi tepung, shortening, bahan pengembang, gula, telur dan minor ingredient serta implikasinya terhadap formula, kondisi proses, peralatan dan pengendalian mutu. Pengembangan produk berbahan lokal juga dibahas dalam mata kuliah ini

74. Topik Terpilih II (Regulasi Pangan) (TPP3022) (2/0, P)

75. Topik Terpilih III (Perkembangan Terkini  Teknologi Pangan) (TPP3024) (2/0, P)

76. Perancangan Pabrik II (TPP3096) (0/2, W)

 Melatih kemampuan mahasiswa dalam melakukan evaluasi secara sistematis dan cermat dari aspek perancangan. Kegiatan ini dilakukan di unit pengolahan pangan dan hasil pertanian komersial. Yang menjadi materi pembelajaran antara lain evaluasi terhadap pengadaan bahan baku, penyediaan daya, penentuan kapasitas peralatan proses, sanitasi dan hygiene, pencapaian spesifikasi mutu, dan penyediaan kebutuhan air.

77. Praktikum Proses Termal (TPP3202) (0/1, W)

 Praktikum proses termal pengolahan pangan menekankan pada melatih ketrampilan dalam penentuan suhu dan waktu untuk memperoleh produk produk olahan yang aman dari segi mikrobiologis, dan gizi,  dan sifat sensoris yang dapat diterima.

78. Proses Termal (TPP3212) (2/0, W)

 Penerapan aspek keteknikan dalam proses termal untuk mendapatkan produk olahan yang aman dari segi mikrobiologis, dan gizi,  dan sifat sensoris yang dapat diterima.

79. Pengendalian Proses dan Automasi (TPP3214) (2/0, P)

 Penerapan dasar-dasar fisiko kimia hasil pertanian dalam instrumentasi dan pengendalian proses.

80. Pengembangan Proses (TPP3216) (2/0, P)

 Penerapan dasar-dasar proses untuk pengembangan teknik pengolahan yang lebih efisien, dan inovatif.

81. Riset Operasi (TPP3218) (2/0, P)

 Pengenalan dan pemahaman metoda riset operasi untuk mengoptimalkan berbagai penggunaan sumber daya dengan linier programming dan integer programming menggunakan metoda simplek dan penerapannya dalam bentuk khusus : masalah factory, transportasi, break even point, teori Game.dan forecasting

82. Perencanaan Gizi (TPP3412) (2/0, P)

 Mempelajari tentang perencanaan pangan dan gizi meliputi perencanaan gizi secara nasional dan perencanaan gizi rumah tangga/individu. Secara garis besar materi untuk perencanaan gizi nasional meliputi : Masalah gizi Nasional, Evaluasi Status Gizi, Survey Gizi, Neraca bahan makanan, dan Ketahanan pangan. Sedangkan perencanaan gizi rumah tangga meliputi: perencanaan diet sehat.

83. Praktikum Lingkungan dan Pengelolaan Limbah (TPP3502)

 Mempraktekkan penentuan parameter limbah cair. Penanganan limbah cair khususnya process Lumpur aktif meliputi pengembangan lumpur dan pengendalian proses.

84. Lingkungan dan Pengelolaan Limbah TPP3512 (3/0, W)

 Pemahaman konsep lingkungan dan kerusakannya oleh pencemaran limbah industri. Pengenalan peraturan dan perundang-undangan tentang lingkungan di Indonesia. Pemahaman konsep tentang, macam dan parameter limbah (cair). Pemahaman konsep tentang pengelolaan limbah (minimalisasi limbah, pemanfaatan limbah, dan penanganannya). Pemahaman konsep atau sistem penanganan limbah meliputi koagulasi dan sedimanteasi, produksi biogas, pengkomposan, proses lumpur aktif, trickling filter dan lagoon.

85. Seminar (TPP4097) (0/1, W)

 Pembelajaran diseminasi lisan meliputi pengetahuan dan pelatihan kemampuan melakukan seminar dengan ketentuan menggunakan media dalam bentuk power point yang ditulis dalam bahasa Inggris dan presentasi formal di kelas dalam bahasa Indonesia atau Inggris. Setiap minggu mahasiswa mendapat kesempatan untuk melakukan atau mengevaluasi presentasi temannya. Setiap selesai presentasi dibahas performanya, baik tentang kualitas media, presentasi, bahasa yang digunakan dan cakupan formal dari proposal yang disampaikan.

86. Skripsi (TPO4099) (0/5, W)

 Pelaksanaan skripsi dimaksudkan untuk mempertajam kemampuan berpikir kritis dan analitis dalam merumuskan permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi ilmu dan teknologi pangan, menantang kreatifitas dalam menentukan alternatif penyelesaian masalah, mempraktekkan pendekatan ilmiah untuk memperkuat kecakapan pembelajaran diri dari berbagai sumber.

87. Kuliah Kerja Nyata (KKN) (UNU4500) (0/3, W)


 Pelaksanaan KKN dimaksudkan untuk melatih kemampuan mahasiswa mengenali permasalahan nyata di masyarakat, mengorganisasi dan bekerja kelompok, menyusun rencana kegiatan, mengelola penyediaan dan penggunaan sumberdaya, dan berkarya nyata bagi masyarakat.

1 komentar: