27.12.12

Hati2 Termometer Palsu

02.01 Posted by Unknown No comments

Sekedar berbagi informasi : Hati-hati Termometer Palsu Beredar di Pasaran, mungkin sebagian dari anda pembaca, jarang sekali menemui yang namanya thermometer, tapi bagi anda yang bekerja di bidang kesehatan tentunya hapal sekali dengan barang yang satu ini.

Setelah obat-obatan banyak dipalsukan, kini para orang tua diperingatkan untuk mewaspadai merebaknya termometer untuk bayi yang palsu di pasaran.

Alat pengukur suhu tubuh yang diduga palsu itu juga kini merebak dijual secara online di internet dengan harga sangat murah. Demikian seperti dilansir dailymail.

Badan Pengaturan Obat dan Kesehatan (MHRA) dalam penggerebekan di Harrow dan Oxford setidaknya telah menyita lebih dari 400 termometer digital palsu.

Ditemukan termometer palsu itu tidak bisa melakukan pengukuran akurat terhadap suhu tubuh. Bahkan memberi ancaman serius bagi anak-anak dengan penyakit yang berpotensi fatal seperti meningitis.

"Sangat penting bahwa orang tidak membeli atau menggunakan peralatan medis yang hanya sekedar murah namun ilegal," ujar Dr Nicola Lennard, dari MHRA memperingatkan.

Penggerebekan dilakukan setelah mendapat laporan orang tua yang menggunakan termometer palsu kepada anaknya yang menderita leukemia. Mereka menyadari alat yang dibelinya secara online itu bisa memberikan hasil pengukuran yang menyesatkan dan berdampak pada keterlambatan penindakan medis.

Anak yang memiliki suhu tinggi itu kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk perawatan medis mendesak.

Pejabat MHRA mengatakan, termometer palsu tidak memiliki nama merek yang diakui dan diidentifikasi tidak memiliki petunjuk keselamatan dan peringatan atau petunjuk penggunaan.

Mereka juga mungkin tidak memiliki selebaran instruksi dengan empat digit nomor identifikasi, yang akan menunjukkan termometer telah melalui uji penilaian dan keamanan.

Selama kegiatan penindakan terhadap alat-alat palsu itu yang telah dilakukan secara luas di Inggris, MHRA juga menyita perangkat lain medis palsu dari lokasi di seluruh Inggris, termasuk tujuh bantalan Kiddicare palsu dingin dan tiga perangkat Slendertone palsu yang dijual di eBay.

0 komentar:

Posting Komentar