1.4.13

Bingung Pilih Jurusan Kuliah

03.06 Posted by Unknown No comments

Akhir-akhir ini banyak calon mahasiswa atau siswa yang baru lulus SMA bingung mengenai jurusan apa yang baik untuk dipilih saat melanjutkan ke universitas nanti.Mereka bimbang jurusan apa yang prospeknya paling bagus?atau Jurusan apa yang lulusannya nanti bisa mudah dapat kerja???
Menurut saya memilih program study seharusnya sesuai dengan bakat dan minat masing-masing.Karena kuliah itu lama…….
bisa 4-5 tahun tergantung otak/kemampuan masing-masing individu.Dan yang paling pentig biayanya sob…..mahaaaaaall…..
Jadi jangan sampai deh salah pilih jurusan. Ga kuat, stress, padahal masih separuh jalan.
Pada postingan kali ini saya akan share mengenai beberapa program study yang ada di Indonesia sebagai gambaran agar teman-teman tidak ragu lagi dalam memilih.ingat ya....pilih sesuai bakat dan minatmu.....
agar kegiatan kuliah menjadi menyenangkan.
berikut daftar program study yang ada di Indonesia :

Kelompok IPA :

 
Program Study Biologi
Biologi adalah ilmu yang mempelajari, mengkaji dan mengembangkan dasar-dasar pengetahuan yang diperlukan untuk mengelola sumber daya hayati dalam lingkungan maupun bidang industry.
Hal yang dipelajari : Biologi Molekuler, Bioteknologi, Mikrobiologi, Bioaktif tanaman, Enzimmologi, pengendalian hayati, biologi daratan, biodifersitas, Bioorganik, histrologis hewan, analisis  plankton, bentos dan vegetasi, flora & fauna darat, mikrobiologi lingkungan air, udara, batuan, tanah.
Kemampuan yang diperlukan : Rajin, tekun, suka bekerja di laboratorium, tidak buta warna, menyukai dunia hewan, tumbuhan dan manusia.
Lapangan Pekerjaan : Dosen (PTN & PTS), Industri (agroindustri), kehutanan, pertanian, perikanan, pengolahan bahan makanan dan obat-obatan), Instansi pemerintah (seperti BPPT, LIPI, PEMDA, DPU, dll)

Program studi Fisika
Fisika adalah ilmu yang mempelajari, mengkaji dan mengembangkan dasar-dasar pengetahuan yang diperlukan untuk eksplorasi sumber daya alam, industry & teknologi informasi.
Hal yang dipelajari : Fisika atom & Nuklir, elektronika & Instrumentasi, Geofisika dalam pencarian sumber air, tambang mineral, pembuatan pondasi, fisika komputasi
Kemampuan Yang diperlukan : Daya analisa kuat, menguasai matematika, tekun, sabar, teliti, berpikir proggressif, banyak praktikum dan referensi.
Lapangan Pekerjaan : Dosen (PTN & PTS), Industri (elektronika, control mesin, computer:software&hardware,eksplorasi minyak dll)instansi pemerintah(seperti BPPT, BATAN, LAPAN, LEMIGAS, Dinas Vulkanologi, LIPI, dll).

Program Studi Kimia
Kimia adalah ilmu yang mepelajari, mengkaji dan mengembangkan dasar-dasar pengetahuan yang diperlukan untuk eksplorasi sumber daya alam, pengendalian pencemaran lingkungan & Pengembangan industry kimia.
Hal yang dipelajari : Bahan alam, enzimologi pangan, metabolism, lingkungan, metode analisa, sintesa organic & anorganik, organo logam, bioorganic, elektro kimia, katalis, polimer, zat padat, koloid, dan spektroskopi, analisa zat organic, logam pada bahan alam, lingkungan maupun bahan hasil industry, aspek kimia pencemaran lingkungan, aspek kinia industry, isolasi senyawa bahan alam.
Kemampuan yang diperlukan : Rajin, rekun, suka bekerja di laboratorium, daya analisa baik, daya ingat kuat dan tidak buta warna
Lapangan Pekerjaan : Dosen (PTN & PTS), Industri(IPTN, PERTAMINA, UNILEVER, CALTEX, SCHLUMBERGER, PUSRI, INKO, DLL) Instansi pemerintah (BPPT, BATAN, LAPAN, LABKRIM TNI/POLRI, Lembaga Penelitian Perkebunan, Pengembangan tanaman pangan, Lembaga konsumen, LIPI, dll)

 
Program Studi Matematika
Matematika adalah ilmu yang mempelajari, mengkaji dan mengembangkan dasar-dasar pengetahuan yang diperlukan untuk industry & teknologi informasi, misalnya pada perencanaan system pengendalian kualitas & pengembangan komputerisasi.
Hal yang dipelajari : Aljabar, Geometri analisis, matematika murni, matematika terapan, statistika, kalkulus, matematika diskrit, algoritma & pemrograman, komputasi
Kemampuan yang diperlukan : analisis dan logika yang kuat, rajin & tekun
Lapangan Pekerjaan : Dosen (PTN & PTS), Industri(IPTN, PERTAMINA) Instansi pemerintah (BPPT, BATAN, LAPAN, LEMIGAS, LIPI, TNI/POLRI, ASURANSI, BANK, Jasa Konsultasi Dll).

Program Studi Statistika
Statistika adalah ilmu yang mempelajari metode dan prosedur pengumpulan, penyajian, analisis dan penyimpulan suatu data mentah agar diperoleh informasi yang lebih jelas dan lengkap untuk keperluan pendekatan ilmiah
Hal yang dipelajari: Aljabar, Geometri analisis, statistika, kalkulus, teknik komputasi, statistika kontemporer, merancang pengumpulan data melalui percobaan atau survey, menganalisis data, merumuskan hasil secara kuantitatif dan menarik kesimpulan
Kemampuan yang diperlukan : Dasar matematika, rajin, tekun & analisa kuat
Lapangan Kerja : Dosen PTS & PTN, BPS, BPPT, LIPI,BATAN,LAPAN, Industri:Elektronik, tekstil, makanan, minuaman, farmasi, kertas, dll
Jasa : Badan Penanaman Modal, Bursa Efek, Perbankan, Dll

 
Program Studi Farmasi
Hal yang dipelajari : Anatomi Fisiologi Tumbuhan, Kimia Parasitologi
Kemampuan Yang Diperlukan : Dasar Ilmu kimia, Biologi, Fisika, Matematika, Praktikum laboratorium, daya analisis kuat, tekun, teliti, penciuman tajam, tidak buta warna
Lapangan Pekerjaan : Apotik, Rumah sakit, Industri farmasi, bahan makanan, kosmetik, Depkes, Apoteker, Dosen

Program Studi Geografi
Hal yang dipelajari : Geografi Manusia, Geografi fisika, Geografi teknik
Kemampuan yang diperlukan : Dasar ilmu alam, ketahanan fisik, rajin, cermat dalam melakukan praktikum laboratorium & penelitian lapangan
Lapangan Pekerjaan : Dosen (PTN & PTS) LAPAN, LIPI, DPU, PEMDA, BKKBN, Dept Trans, Dinas Agraria, Konsultasi Survey

Program Study Astronomi
Hal yang dipelajari  : Astrofisika, Matriks ruang & Vektor, Astronomi bola, Gravitasi & Kosmologi, fisika galaksi, fisika bintang, Fisika Kuantum.
Kemampuan yang diperlukan : Dasar ilmu fisika & Matematika, rajin, cermat dalam melakukan praktikum laboratorium, penelitian lapangan.
Lapangan Pekerjaan : Dosen (PTN & PTS) LAPAN, Peneliti di AU, AI, Planetarium, Wartawan, Observatorium.

Program Studi Teknik Arsitektur
Arsitektur merupakan salah satu disiplin ilmu yang mempu memberikan sumbangan dalam membaktikan diri dalam bidang perencanaan, perancangan dan pengelolaan lingkungan binaan.
Hal Yang dipelajari : Perencanaan Pemukiman, Teknologi Bangunan, Desain Bangunan, perencanaan tapak dan perkotaan.
Kemampuan yang diperlukan : Ketrampilan menggambar, Kreatif, Inovatif, Pemahaman ilmu fisika dan matematika, memiliki jiwa artistic
Lapangan pekerjaan: Konsultan Teknik, BAPPENAS, LIPI, BPPT, Dosen, Kontraktor perumahan, perkantoran, tempat rekreasi, pertokoan dan lain-lain.Konsultan Perencana, Konsultan perancang(Design), Kontraktor bangunan, Developer Real estate, DPU, BAPPEDA, BANK, Lembaga penelitian, Industri Bahan Bangunan, Industri Furniture

Program study Teknik Elektro
Elektro meruapakan bagian dari bidang elektro teknik yang amat berperan pada kehidupan manusia pada abad ini maupun pada masa yang akan dating.
Hal yang dipelajari : Tegangan Listrik, Informatika computer, Telekomunikasi, Algoritma & pemrograman, Elektronika, dasar tenaga listrik, teknologi semi konduktor, rangkaian elektronika, elektronika analog, logika fuzzy.
Kemampuan yang diperlukan : Dasar matematika, fisika, & logika yang kuat
Lapangan Pekerjaan : PLN, TELKOM, PT.INTI, Indosat, LEN-LIPI, Siemens, Samsung, LG, Panasonic, Tenaga Litbang, dosen.

Program Studi Teknik Industri
Pendidikan Teknik industry diarahkan untuk menjawab kebutuhan industry nasional akan ahli rekayasa industry yang memiliki kemampuan pada bidang proses produksi, produktifitas & efisiensi
Hal yang dipelajari : Riset operasi, analisa kelayakan pabrik, perencanaan tata letak pabrik, analisa perancangan kerja, manajemen strategi industry, ekonomi teknik, manajemen proyek, manajemen system informasi, manajemen industry, system produksi, statistic produksi, statistic industry, akuntansi biaya
Kemampuan yang diperlukan : Dasar matematika & logika yang kuat, inovatif, leadership, analisa yang kuat, berwawasan luas, mengetahui dasar manajemen.
Lapangan Pekerjaan : Berbagai bidang industry, jasa & manufaktur, mulai dari pabrik sampai perkantoran, perbankan, telekomunikasi, transportasi, pemerintahan, hankam, wirausaha, rumah sakit, konsultan, pertambangan maupun perusahaan makanan dan minuman

 
Program Studi Teknik Kimia
Pembangunan dalam sector industry utamanya industry kimia merupakan tuntutan era industrialisasi. Tahap industrialisasi dalam pembangunan nasional memerlukan tenaga teknik, khususnya tenaga teknik kimia dalam jumlah yang besar dan handal dibidangnya.
Hal yang dipelajari : Operasi teknik kimia, termodinamika, proses industry kimia, kimia analitik, kimia organic, perancangan reactor kimia
Kemampuan yang diperlukan : Dasar pengetahuan kimia, matematika dan fisika, logika dan daya ingat yang kuat, tekun dan teliti.
Lapangan Pekerjaan : Insustri kimia misalnya industry perminyakan, industry semen, industry silica dan keramik, industry makanan, industry petrokimia, industry organic & anorganik, industry minyak dan lain-lain.

 
Program studi teknik mesin
Pelaksanaan pembangunan menuju era industrialisasi membutuhkan persiapan disegala bidang, antara lain yang penting tersedianya tenaga-tenaga yang terampil dan berkemampuan dalam bidang teknik mesin, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.
Hal yang dipelajari : Thermodinamika, Mekanika fluida, Proses produksi, teknik pembakaran, mekatronika, teknik pendinginan, menggambar teknik, mesin konversi energy, perancangan produk.
Kemampuan yang diperlukan : Industri manufaktur, Toyota, Daihatsu, perusahaan minyak asing : British petroleum, Schlumberger, Barker atlas, perusahaan pertambangan : Freeport, metco

Program studi Perancanaan wilayah & kota (planologi)
Pendidikan planologi merupakan pendidikan ahli perencana tata ruang dan aspek pelaksanannya dalam proses manajemen pembangunan kota dan daerah.
Hal yang dipelajari : Bidang ilmu teknik sipil, ilmu social ekonomi, politik dan budaya, konstruksi, transportasi
Kemampuan yang diperlukan : dasar matematika & fisika yang kuat, inovatif, kemampuan dasar menggambar, analisa yang kuat
Lapangan Pekerjaan : Departmen pekerjaan umum, Bappenas, Bappeda, Dinas tata kota, DPUK, Badan Pertanahan Nasional, Departemen transmigrasi & PPH, Perhubungan, Pariwisata & postel, Kantor menteri Negara lingkungan hidup, BPPT dan LIPI. Sektor swasta meliputi dalam bidang konsultan perencana & perancang tata ruang, konsultan pembangunan, developer perumahanan dan lain-lain.

Program studi teknik sipil
Peran teknik sipil dalam pembangunan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan bangunan-bangunan sipil antara lain gedung, jalan raya, jalan KA termasuk jembatannya, pelabuhan laut/udara, bangunan air : bendungan dan jaringan irigasi.
Hal yang dipelajari : Konstruksi, Transportasi, Hidro, Pengairan, penyekatan, manajemen konstruksi, mekanika teknik, gambar teknik
Kemampuan yang diperlukan : Dasar matematika, Fisika & logika yang kuat, mampu menuangkan pemikiran, perhitungan dan ide-ide dalam bentuk  gambar rencana, dan uraian tertulis praktis, inovatif, kemampuan menggambar
Lapangan Pekerjaan : BAPPENAS, LIPI, BPPT, Dosen, Kontraktor perumahan, perkantoran, tempat rekreasi, pertokoan dll, konsultan perencana, konsultan perancang (Design), kontraktor bangunan, Developer Real Estate, kantor DPU, Bappeda, Bank

Program Studi Teknik Lingkungan
Sektor Industri terutama industry-industri besar Merupakan sumber utama dari pencemaran local dan regional.Oleh karena itu diperlukan tenaga-tenaga terampil dalam bidang teknik lingkungan yang mampu menjaga keseimbangan lingkungan pada tingkatan yang baik
Hal Yang dipelajari : Bidang penyediaan air minum, pengelolaan air buangan, pengelolaan buangan padat dan buangan B3, pencemaran udara dan bising, pengelolaan keselamatan kerja, pengelolaan sumber daya alam, pengendalian pencemaran daur ulang dan pemanfaatan buangan.
Kemampuan yang diperlukan : Dasar Matematika, kimia, dan biologi
Lapangan Pekerjaan : Industri Pupuk, Kimia, Minyak, Semen, Pemerintahan (Pemda, PDAM, Bapedal, DKP) dan Swasta

 
Program Studi Teknik Perkapalan
Potensi wilayah perairan laut yang sangat besar diperlukan penanganan dan pengelolaan yang maksimal dan professional.Pengembangan bidang teknologi kelautan dirasakan sangat penting.
Hal yang dipelajari : Thermodinamika, Mekanika Fluida, Teknik reparasi kapal, Teknik Pengelasan, Merancang kapal, Mesin Penggerak kapal
Kemampuan yang diperlukan : Dasar Matematika, Fisika & analisa yang kuat
Lapangan Pekerjaan : Perusahaan Dock dan galangan kapal, Biro klasifikasi kapal laut. Perusahaan pelayaran.Industri penunjang dalam bidang maritime.Departmen perikanan dan kelautan, Departmen perhubungan dan department lainnya. TNI/Polri, Perusahaan yang terkait dengan bidang perkapalan, antara lain asuransi, perbankan dll

Program Studi Teknik Metalurgi & Material
Dengan Meningkatnya perkembangan teknologi pada industry material, kini aplikasi material tidak lagi didominasi oleh logam saja, material lain seperti keramik, polimer, komposit telah menjadi alternative penggunaan material di dunia industry. Oleh karena itu ke depan banyak dibutuhkan tenaga ahli di bidang metalurgi & material
Hal yang dipelajari : Kimia organic, mineralogy, dan kristalografi, metalurgi serbuk, korosi & proteksi logam, pengolahan biji logam, teknologi pengecoran, kekuatan material, teknologi polimer, teknologi keramik, teknologi komposit, material bukan besi, proses pembuatan besi dan baja.
Kemampuan yang diperlukan : Dasar kimia, matematika & fisika, rajin.
Lapangan Pekerjaan : PT. Timah, PT Krakatau steel, PT aneka tambang, British Petroleum, Schlumberger, PT. Toyota motor Manufacturing Indonesia

Program Studi Teknik Geologi
Teknik geologi mempelajari bumi secara global, regional dan rinci untuk kepentingan hidup manusia.
Hal yang dipelajari : Statistika lingkungan, geofisika, kekuatan bahan, konstruksi perminyakan, pertambangan, software-software khusus, pengelolaan bahan galian, minyak bumi, gelombang tsunami, energy panas bumi, rekayasa dalam pembangunan, lingkungan dan pengembangan wilayah
Kemampuan yang diperlukan: dasar matematika, fisika, kimia & analisa kuat
Lapangan pekerjaan : Departemen atau dinas  sumberdaya mineral dan energy, pendidikan , perhubungan, lingkungan hidup, pariwisata, pekerjaan umum, lembaga penelitian, Bank, Dll

Teknik Informatika
Hal Yang dipelajari : Konsep dasar algoritma pemrograman, struktur program dan komponen-komponennya, perangkat keras, perangkat lunak, komunikasi data, jaringan computer, internet dan aplikasinya, arsitektur perangkat lunak, model proses dan sinkronisasi algoritma penjadwalan, memory management, segmentasi memory dan system paging, algoritma pelacakan memory, virtual memory
Kemampuan yang diperlukan: Matematika, fisika dan logika harus kuat
Lapangan Pekerjaan : IT Consultant, Bank, Telkomsel, Siemens, Indosat, Telkom, Vodafone, Astra Internasional, Programmer, SAP, Microsoft, IBM.

Teknik Pertambangan
Hal yang dipelajari : konsep dasar pertambangan, Teknik pengeboran, konstruksi pertambangan, mineralogi, teknologi eksplorasi.
Kemampuan yang diperlukan : matematika, fisika, kimia harus kuat
lapangan pekerjaan : Pertamina, Schlumberger, Freeport, Inalum, British, Petroleum, Metco

Teknik Penerbangan
Hal yang dipelajari : Teknologi penerbangan, Aerodinamika, Kekuatan material, teknik perawatan pesawat, teknik kendali, teknik pembakaran
Kemampuan yang diperlukan : Matematika, Fisika dan logika harus kuat
lapangan pekerjaan : PT Dirgantara Indonesia, Garuda Airlines, Singapore Airlines, dan perusahaan penerbangan lainnya.

Teknik Nuklir
Hal yang dipelajari : Fisika atom & inti, thermodinamika, Radiokimia, Kimia, radiasi, alat kontrol dan proese, minerologi, kristalografi.
Kemampuan yang diperlukan : Matematika, Fisika dan kimia harus kuat
lapangan pekerjaan : Badan Tenaga Nuklir Nasional, Dosen

Teknik Geodesi
Teknik Geodesi mempelajari metode pembuatan peta baik yang diukur secara langsung dilapangan melalui foto udara maupun foto satelit penginderaan jauh.
Hal yang dipelajari : matematika, fisika, statistika, ilmu pengetahuan teknologi pemetaan, software - software khusus dibidang sistem informasi geografis dan software bidang earth sciences, survei pemetaan, rekayasa dalam pembangunan, lingkungan hidup dan pengembangan wilayah.
Lapangan Pekerjaan : di tingkat nasional dan propinsi pada : Badan Pertahanan Nasional (BPN), Direktorat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Badan Koordinasi Survei Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL), LIPI, Depdiknas, Dephub, DPU, instansi militer (TNI).Ditingkat kabupaten atau kota lulusan dapat bekerja di Bappeda, Kantor Pertanahan, DPU, Dinas Tata Kota, KP PBB,Dll. Disektor Swasta dapat bekerja di perusahaan konsultan dan kontraktor.

0 komentar:

Posting Komentar